Puskesmas Arut Selatan Siap Melaksanakan Program Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Melalui Akreditasi Puskesmas
 
 
 

 


 

 

 

 

 
 
 
 

AKREDITASI MEMBUAT KAMI BERUBAH

 

07 Februari 2018

Puskesmas Arut Selatan merupakan salah satu puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah . Pada awal berdirinya tahun 1932 merupakan rumah sakit pemerintah Belanda, seiring dengan perkembangan jaman  beralih fungsi menjadi puskesmas. Bangunan utama Puskesmas Arut selatan juga masih berbahan kayu dengan pondasi cor batu dan lantai keramik , sehingga puskesmas arut selatan tercatat sebagai cagar budaya di provinsi Kalimantan tengah.

Proses yang pernah dilalui Puskesmas Arut selatan:

  • ISO 9001:2008 ( tahun 2009)
  • Puskesmas Terakreditasi Utama ( Juli 2016)

Akreditasi membuat kami berubah,  itulah yang terjadi di puskesmas  Arut Selatan. Proses Puskesmas Arsel dalam mempersiapkan Akreditasi di mulai dari Maret  2015, kemudian kaji banding ke Puskesmas Mlonggo pada 2015 dan kaji banding ke Puskesmas Wonosobo pada Juni 2015. Proses Akreditasi bukan hal yang mudah bagi kami dengan berbagai kendala yang   ada yaitu : keterbatasan SDM (28 PNS dan 10 Kontrak), anggaran dan sarana prasarana dan belum adanya tim pendamping Akreditasi Kabupaten yang dilatih,  serta belum maksimalnya dukungan dari Dinas Kesehatan, membuat Puskesmas pada awalnya berjalan sendiri,  system manajemen yang belum terbangun dengan baik  di Puskesmas menambah berat proses  Akreditasi,  beratnya persiapan akreditasi menyebabkan konflik diantara sesama staff sangat rawan terjadi karena adanya perbedaan persepsi dan belum adanya komitmen bersama, semua membawa ego masing-masing.  Menyadari bahwa kami  harus berubah, maka yang kami lakukan pertama kali  adalah membuat  komitmen bersama  seluruh staff puskesmas Arut selatan untuk meningkatkan mutu pelayanan di Puskesmas Arsel, dengan semangat kebersamaan  bahwa Akreditasi adalah milik kita bersama, semua harus terlibat dan tidak ada yang lebih penting daripada yang lain, dan inilah tonggak perubahan kami.  pada akhirnya Semangat Puskesmas , dukungan dari Dinas Kesehatan dan Tim Pendamping Akreditasi kabupaten merupakan suatu bagian  yang tidak bisa dipisahkan dan merupakan kekuatan yang berperan penting dalam proses Akreditasi Puseksmas Arut selatan.

Juga  masukan dari berbagai pihak terutama yang kami terima dari dr. Esti Wilianto, MHSM membuat kami semakin yakin dalam menghadapi akreditasi pukesmas. Bersama-sama kami mulai menyusun sistem manajemen yang baik yaitu : Pokja Admin, UKM dan UKP. Kami membangun sistem dalam manajemen puskesmas Arut selatan  dan bukan hanya membuat dokumen. Manajemen puskesmas dibangun dengan diawali proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi yang disusun dan didokumentasikan dalam dokumen (POACE) dan untuk memastikan mutu pelayanan terjaga maka dimotori oleh wakil manajemen mutu disusun dengan proses PDCA (Plane-Do,Check-Action) dan dituangkan dalam dokumen pula oleh masing-masing pokja Admin, UKM dan UKP.  Proses  penyusunan perencanaan dilakukan berdasarkan evaluasi capaian tahunan sebelumnya. Masukan dari masyarakat (baik dari kotak saran, survey IKM, SMD) maka disusunlah perencanaan dalam RUK & RPK (sesuai dengan alokasi anggaran dan skala prioritas). Pengorganisasian dilakukan dengan  penyusunan Visi, misi, Tujuan dan tata nilai puskesmas yang menjadi acuan dalam pencapaian kinerja, disusun uraian tugas selurah staff untuk pelaksanaan kegiatan, Pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai dengan rencana yang sudah disusun baik itu  Lokmin bulanan, Lokmin tribulanan dan kegiatan lain  sesuai dengan RPK yang sudah di susun, Monitoring dilakukan setiap selesai melaksanakan kegiatan dan dibahas sebulan sekali.,  Evaluasi dilakukan setiap 3 bulan dan Penilaian kinerja puskesmas di akhir tahun.  Dari hasil  evaluasi terhadap kinerja yang tidak tercapai maka munculah program-program inovatif untuk meningkatkan capaian kinerja serta  untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Program-program Inovatif Puskesmas Arut Selatan  :


ADMIN

-

Pelaksanaan SIKDA Bridging  dengan P.Care

 

-

Membuat peta wilayah dengan Wilbin untuk mengetahui hasil capaian kinerja setiap wilayah.

 


UKM

-

PROMKES

  • Pemasangan stiker rumah tangga berPHBS

 

-

KESLING

  • Pembentukan  Tim penggerak rumah bebas asap rokok
  • Pemasangan asbak rokok diluar rumah (oleh masyarakat sendiri)
  • Berkerjasama dengan CRS untuk pengadaan alat cetak  jamban dan material, bekerja sama dengan lintas sector (Koramil) untuk pelatihan pembuatan jamban
  • Memakai video testimony dari untuk mensosialisasi perilaku stop BABS
   

GIZI

  • Berkerjasama dengan Pihak Ketiga untuk memberikan stimulasi bayi atau balita yang datang 8x berturut-turut ke Posyandu
  • Membuat kelompok Ibu Balita pendukung ASI Ekslusif

UKP

-

  • Prioritas pelayanan untuk lansia
  • Pelaksanaan SIKDA Bridging P.Care
  • Pojok bermain anak yang edukatif

Bersamaan dengan itu Perubahan-perubahan Fisik juga dilakukan untuk membuat nyaman pasien atau pengunjung yang datang ke Puskesmas.
Hasil dari perubahan itu adalah Puskesmas Arut Selatan di survey pada 27-29 Juli 2016 oleh Komisi Akreditasi Nasional dan berhasil lulus akreditasi  Utama.  Terharu, bangga dan takut  itulah perasaan yang kami rasakan.

Pasca akreditasi , apakah proses sudah selesai ? Tidak , sebaliknya pasca akreditasi kami semakin menyadari bahwa tugas semakin berat, karena menjaga system dan melakukan perbaikan terus menerus serta selalu melakukan inovasi itulah yang harus dilakukan, tidak mudah untuk meraih akreditasi, tetapi lebih sulit lagi untuk mempertahankannya, tetapi dengan semangat kebersamaan yang sudah kami lalui , kami yakin bahwa kami akan mampu melakukannya.

  • Tetap konsisten  menjaga sistem yang sudah dibangun dan terus berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan,  mekanisme audit internal setiap 4 bulan dan RTM setiap 6 bulan adalah salah satu upaya untuk memastikan sistem tetap berjalan.
  • Menjadi tempat kaji banding dari puskesmas –puskesmas baik dari kabupaten Kotawaringin Barat maupun dari luar Kabupaten Kotawaringin barat
  • Memenuhi tuntutan masyarakat terhadap mutu pelayanan yang baik juga menjadi tugas puskesmas Arut selatan itulah keinginan kami

Prestasi Puskesmas Arsel:

  • ISO : 9001:2008: Quality Manajemen System
  • Puskesmas Berprestasi Tahun 2013 tingkat Kabupaten Juara 1
  • Puskesmas Berprestasi Tahun 2013 tingkat Provinsi Juara 2
  • Puskesmas Terakreditasi Utama Tahun 2016
  • Puskesmas Berprestasi Tahun 2017 tingkat Kabupaten Juara 1
  • Puskesmas Berprestasi Tahun 2017 tingkat Provinsi Juara 1

ARTIKEL . PDF

 

K E M B A L I