LBI Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2012
 
 
 
Web Link :

Dinkes Kobar

RSUD S. Imanudin
Pangkalan Bun

Puskesmas

Pkm Madurejo

 

Pkm Pangkut

 

Pkm Rindu

Pkm Kolam

Pkm Palingkau

Pkm Mendawai

Pkm Kumai

Pkm Karang Mulya

Pkm P. Lada

Pkm Sungai Rangit

Pkm K.B. Atas

Pkm Semanggang

Pkm Kolam

Pkm T. Bogam

Pkm Sambi

Pkm Runtu

 

 

 

 

 
 
 
 

LOMBA BALITA SEHAT TINGKAT KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT TAHUN 2012
......
.......Lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat diadakan pada tanggal 23 Oktober 2012 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, acara ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kotawaringin Barat Ibu Hj Yustina Ujang Iskandar. Dalam sambutannya   Ibu ketua TP PKK  Kabupaten menyatakan bahwa periode emas anak adalah saat masa balita, Dalam masa pertumbuhan , sel  otak, serta  tumbuh  kembang anak sangat cepat, sehingga jika terjadi kekurangan  gizi  saat masa emas ini  tentunya dapat mengganggu pertumbuhan balita yang tentunya berefek pada tumbuh kembang kedepannya. lomba balita ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu  dan sebagai  ajang  promosi di bidang  kesehatan  guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Selain itu Ketua TP PKK kabupaten juga mengharapkan agar orang tua selalu memantau pertumbuhan dan perkembangan balitanya dengan memanfaatkan posyandu yang ada di masing-masing desa / kelurahan. Di posyandu orang tua bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya serta berkonsultasi dengan petugas kesehatan, sehingga status gizi anak dan kesehatannya bisa  diketahui dengan baik dan ketua TP PKK juga mengharapkan pembinaan  mengenai kesehatan balita terutama di kecamatan, desa / kelurahan terus dilakukan secara berkelanjutan.
.......Lebih lanjut ketua TP PKK Kabupaten mengharapkan, lomba  balita sehat ini akan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, terutama menjadikan anak – anak sebagai penerus bangsa yang berkualitas yang nantinya menjadi kekuatan pembangunan yang tangguh dalam menghadapi persaingan global. Lomba balita  ini bukan merupakan tujuan akhir dari pelaksanaan asuhan balita, tapi lebih jauh  diharapkan setelah pelaksanaan lomba akan didapatkan peningkatan pengetahuan  sikap  dan perilaku ibu balita dalam melaksanakan asuhan terhadap balita pada masa yang akan datang.
.......Semua peserta lomba balita tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2012 ini, saya yakin adalah merupakan balita terbaik yang dipilih untuk mewakili  wilayah masing –masing puskesmas, begitu yang disampaikan oleh Ibu ketua TP PKK Kabupaten, yang juga diharapkan dapat membagi informasi dan menjadi contoh bagi ibu balita yang lainnya. Beliau juga mengapresiasi terselenggaranya LBI tahun 2012 ini dan menyampaikan penghargaan kepada panitia dan dewan juri serta semua pihak yang telah bekerja keras dan tekun dalam menyelenggarakan dan mendukung kegiatan yang bersifat promotif seperti ini. Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Ibu TP PKK Kabupaten dalam sambutannya sekaligus meresmikan Lomba Balita Indonesia Tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2012.
....... Puskesmas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat mengikuti Lomba Balita Sehat ini dengan mengirimkan Bayi usia 6 – 24 bulan, dan balita  2 – 5 tahun yang menjadi perwakilan dari masing - masing puskesmas. Tim Juri Lomba Balita Indonesia Sehat tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat di ketuai oleh Dr. Ken Sinta,SpA. 

Hasil Lomba tersebut adalah sebagai berikut:
Untuk kriteria umur 6 – 24 bulan:
                Juara pertama : anak Safiya dari puskesmas Arut Selatan
                           Kedua     : anak Ferdinand dari puskesmas Pangkalan Lada
                           Ketiga     : anak Mikha dari Puskesmas Arut Utara
                          Favorit     : anak Iqbal dari puskesmas Pandu Sanjaya
Untuk kriteria umur 2- 5 tahun :
                Juara pertama   : anak Rafika dari puskesmas Arut Selatan
                           Kedua   : anak Frederic dari puskesmas Semanggang
                           Ketiga   : anak Rido dari puskesmas Mendawai
                           Favorit   : anak Khusaini dari puskesmas Sungai Rangit
....... Demikianlah hasil Lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Kotawaringin Barat tahun 2012, semoga kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun dan dapat bermanfaat dalam peningkatan tumbuh kembang bayi dan balita di kabupaten Kotawaringin Barat.

 

Kembali