Selamat Datang di Website Puskesmas Arsel
 
 
 

 


 

 

 

 

 
 
 
 

Tiga Sekolah Wakili Kobar di Lomba Sekolah Sehat
Kabupaten Kotawaringin Barat berhasil meloloskan tiga sekolah dan satu Taman Kanak-Kanak untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Ketiga sekolah tersebut antara lain SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, SMP Indah Makmur Pangkalan Banteng, SDS Surya Persada Arut Utara dan TK Bhayangkari Pangkalan Bun.
Slamet Riyadi Kepala Sekolah SMP Indah Makmur mengungkapkan, suatu kehormatan bagi sekolahnya karena terpilih untuk mewakili Kobar dalam lomba sekolah sehat (LSS) tingkat provinsi. “Suatu kebanggan tersendiri buat kami segenap guru dan juga anak-anak karena kita terpilih menjadi salah satu wakil lomba sekolah sehat tingkat provinsi,” ujarnya.
Dijelaskannya penilaian yang paling menentukan selain kebersihan lingkungan sekolah, prilaku hidup bersih dan sehat, pengolahan limbah baik sampah organik maupun anorganik adalah usaha kesehatn sekolah (UKS), selain itu tingah laku seluruh warga sekolah juga menjadi poin penting dalam penilaian. Menurut pendapatnya, keberhasilan ini tidak semata karena usaha siswa maupun gurunya, melainkan juga hasil kerjasama Puskesmas Semangang maupun Dinas Kesehatan Kobar yang turut membantu dalam mempersiapkan serta dukungan perusahan yang menaungi sekolah tersebut.
“Selain berusaha mandiri, kami pun diberi pengarahan mengenai pola hidup sehat, jajanan sehat, dan juga penanganan sampah yang benar,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kotawaringin Barat Muhammad Yadi saat dikonfirmasi kepada Radar Sampit membenarkan hal itu, dikatakannya bahwa sebelum mewakili Kobar ke tingkat provinsi, ke empat sekolah tersebut, dinilai sangat ketat karena jika mampu lolos tingkat Provinsi, diharapkan wakil dari Kobar bisa berbicara lebih untuk tingkat   nasional.  “Untuk wakil Kobar dalam lomba sekolah sehat, kita harap sekolah-sekolah ini bisa lolos untuk mewakili Kalimantan Tengah untuk tingkat nasional,” tandasnya. (Sumber Radar Sampit, 19 September 2013)