Selamat Datang di Website Puskesmas Arsel
 
 
 
Web Link :

Dinkes Kobar

RSUD S. Imanudin
Pangkalan Bun

Puskesmas

Pkm Madurejo

 

Pkm Pangkut

 

Pkm Rindu

Pkm Kolam

Pkm Palingkau

Pkm Mendawai

Pkm Kumai

Pkm Karang Mulya

Pkm P. Lada

Pkm Sungai Rangit

Pkm K.B. Atas

Pkm Semanggang

Pkm Kolam

Pkm T. Bogam

Pkm Sambi

Pkm Runtu

 

 

 

 

 
 
 
 

 

 

Penyuluhan sikat gigi siswa SDN 01 KENAMBUI Kec. ARSEL
Posted by Bidan Desa Poskesdes Kenambui, kec. Arsel. 10 Desember 2012


                Acara penyuluhan cara menyikat gigi di SD Kenambui merupakan salah satu program Akhir tahun yang diadakan oleh Poskesdes Kenambui, dibawah naungan Puskesmas Arut Selatan . Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah wawasan tentang pentingnya menjaga gigi sejak dini. Acara dimulai dari jam 09.00 wib sampai 10.30 wib. Acara ini diawali dengan penyuluhan tentang pentingnya menggosok gigi yang baik dan benar.  
            Dalam demo gosok gigi ini anak-anak diajarkan bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Mereka sangat antusias sekali dalam kegiatan tersebut, sehingga menambah semangat dalam memberikan penyuluhan ini. Tentu saja dalam hal ini, perlu dibutuhkan kesabaran yang ekstra, karena ternyata tidak mudah untuk mengatur anak-anak SD. Akan tetapi, saya sangat terbantu oleh kerjasama dengan guru-guru pembimbing mereka.
            Setelah acara penyuluhan selesai, acara dilanjutkan dengan simulasi secara masal diluar kelas. Dilapangan, mereka mengikuti gerakan demi gerakan cara menggosok gigi yang benar yang dicontohkan oleh bidan.
            Setelah praktek selesai, acara di tutup dengan beberapa quesioner tentang telah jelas atau belum cara menggosok gigi yang benar. Respon dari siswa siswi SD Kenambui terhadap penyuluhan gosok gigi ini cukup baik.Namun, ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan gerakan yang di ajarkan.
            Kendala yang dihadapi pada saat pelaksanaan kegiatan ini adalah, sempitnya waktu yang tersedia karena bersamaan dengan jadwal siswa siswi SD yang sedang melaksanakan ujian semester. Sehingga acara dilaksanakan setelah usai pelajaran selesai. Sehingga, memungkinkan anak-anak konsentrasinya pecah karena ingin cepat pulang.
            Dan acara penutupan pun diakhiri dengan pemeriksaan gigi siswa siswi satu persatu. Dari siswa siswi tersebut, terdapat beberapa anak yang memiliki nilai hasil pemeriksaan gigi yang cukup baik. Untuk itu, diambil 3 anak yang kurang lebih memiliki gigi yang sehat. Agar yang lain menjadi lebih semangat, kami berikan bingkisan kepada ketiga anak tersebut. Hal ini dimaksudkan agar kedepannya nanti, mereka paham akan pentingnya memelihara gigi sejak dini.
            Disini saya lampirkan beberapa hasil kegiatan yang telah dilaksanakan demo gosok gigi di SD Kenambui, ARSEL. Semoga hasil kegiatan ini kiranya bermanfaat bagi pembaca pada umumnya dan pelaksana pada khususnya.