Informasi Kesehatan
 
 
 
Web Link :

Dinkes Kobar

RSUD S. Imanudin
Pangkalan Bun

Puskesmas

Pkm Madurejo

 

Pkm Pangkut

 

Pkm Rindu

Pkm Kolam

Pkm Palingkau

Pkm Mendawai

Pkm Kumai

Pkm Karang Mulya

Pkm P. Lada

Pkm Sungai Rangit

Pkm K.B. Atas

Pkm Semanggang

Pkm Kolam

Pkm T. Bogam

Pkm Sambi

Pkm Runtu

 

 

 

 

 
 
 
 

MANFAAT - MANFAAT PUASA UNTUK KESEHATAN TUBUH

Puasa yang kita kenal adalah puasa pada bulan Ramadhan. Diluar itu sebenarnya banyak jenis puasa lain, seperti puasa Senin-Kamis, puasa nabi Daud, dan lainnya. Bahkan agama lain juga memiliki kegiatan seputar puasa. Ternyata, jika melihat sisi sains, puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat puasa bagi tubuh kita saat berpuasa.

1. Menurunkan berat badan

Anda bisa menurunkan berat badan dengan diet. Namun, lebih baik lakukan dengan puasa. Sebab, dengan berpuasa jadwal makan dan minum, akan teratur dengan baik. Puasa juga mampu membuat kita makan dengan tidak berlebihan dan juga tidak menyiksa tubuh anda.Tetapi anda juga harus berhati -hati, proses menurunkan berat badan saat berpuasa sulit terjadi jika saat berbuka anda lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula dan kalori di bandingkan sayuran dan buah.

2. Menghilangkan racun dalam tubuh

Kondisi lambung kosong saat anda berpuasa, membantu detoksifikasi ( pembuangan racun di dalam tubuh). dan kemudian proses detoksifikasi menjadi optimal pada saat seseorang berbuka puasa pada sore hari. Berpuasa juga membantu tubuh menyerap nutrisi di dalam tubuh menjadi lebih efktif. Nutrisi di dalam makanan terserap sempurna sehingga meminimalisasi penumpukan makanan yang membusuk di tubuh.

3. Menghilangkan/meredakan nyeri pada persendian

Siapa sangka, puasa juga bisa menjadi obat untuk meredakan penyakit yang satu ini. Bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara membaiknya radang sendi dan peningkatan kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan unsur yang mampu menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Mengurangi konsumsi cairan berlebih

Mengurangi konsumsi air selama bulan puasa, bisa membantu mengatasi akumulasi cairan yang berlebih di dalam tubuh. Proses 'pengeringan' ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami saat seseorang mengalami menstruasi.

5. Mengatasi tekanan darah

Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih sedikit mengkonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula, dan kolesterol tinggi. Hal ini yang kemudian berdampak pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika disertai dengan diet makanan sehat saat sahur dan buka puasa, manfaatnya akan didapatkan dengan lebih optimal.

6. Puasa sebagai waktu istirahat

Dengan berpuasa maka secara tidak langsung telah memberikan waktu bagi tubuh dan sistempencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu beberapa organ pencernaan dalam tubuh seperti kerongkongan, usus, lambung bisa bekerja lebih baik saat anda mulai mengkonsumsi makanan lagi ketika berbuka puasa.

Sumber : edisi 36 juni 2012 MEDIAKOM

Kembali