Puskesmas Arut Selatan Siap Menyongsong Akreditasi Puskesmas
 
 
 

 


 

 

 

 

 
 
 
 

WORKSHOP SIKDA GENERIK

Ketersediaan informasi kesehatan sangat diperlukandalam penyelenggaraan upaya kesehatan yang efektif dan efisien. Berdasarkan UU No. 36 tahun 2009 tentangKesehatan, dijelaskan mengenai tanggung jawab pemerintah dalam ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi & fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

SIKDA Generik merupakan Sistem Informasi Kesehatan Daerah yang dirancang untuk dapat memenuhi berbagai persyaratan minimum yang dibutuhkan dalam pengelolaan informasi kesehatan daerah, dari proses pengumpulan, pencatatan, pengolahan, sampai dengan diseminasi informasi kesehatan. SIKDA Generik dirancang untuk menjadi standar bagi pemerintah daerah dalam pengelolaan informasi kesehatan di wilayahnya.

SIKDA Generik hadir melalui proses inventarisasi berbagai SIKDA elektronik yang saat ini berjalan dan digunakan di daerah, memilih yang terbaik, kemudian dianalisis sehingga dihasilkan satu set deskripsi kebutuhan SIKDA Generik, yang mewakili kebutuhan seluruh komponen dalam sistem kesehatan Indonesia dan disesuaikan dengan standar yang diatur dalam  Pedoman Nasional SIK.

Atas dasar tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat pada tanggal 29 dan 30 April 2015 melaksanakan kegiatan workshop tentang Sikda Generik. Hal tersebut dimaksudkan untuk pengenalan awal mengenai sebuah program Sistem Informasi Kesehatan yang dilaksanakan dalam pelayanan dan pelaporan. Hadir sebagai Narasumber adalah Dari Dinas Kesehatan Kota Madiun. Mba Esti dan Mas Lutfi menjadi Narasumber untuk berbagi pengalaman dan cerita sekaligus menjadi Tutor dalam pengenalan aplikasi Sikda Generik.

 

 

K E M B A L I